Friday, August 26, 2011

Ya, Kita Bisa (Potongan Pidato Inagurasi Ronald Reagen, Terjemahan Bebas oleh Juan M.)


oleh Juan Mahaganti pada 15 Juni 2009 jam 14:09

Pengantar (Oleh; Juan Mahaganti)


Pidato ini adalah pidato Inagurasi terbaik menurut saya. Sangat memberi inspirasi terlebih dalam membentuk mind-set kita tentang apa fungsi sebenarnya dan utama dari sebuah pemerintah yang baik. Pidato ini disadur dari video aslinya di sini: http://www.youtube.com/watch?v=JX8X_FsBCDk. Menarik untuk disimak bahwa menurut Reagen, kunci kehebatan Amerika bukan terletak pada militernya atau kejeniusan penduduknya, tetapi pada kemampuan systemnya yang membebaskan kreativitas individu sehingga tiap-tiap pribadi berusaha mencapa yang terbaik bagi dirinya, dan dengan demikian mendatangkan yang terbaik bagi masyarakat. Semoga berguna.


Washington, Pelantikan Ronald Reagen.;


Kita sebagai orang Amerika, punya kapasitas sekarang, sebagaimana masa lalu, untuk berbuat apapun yang bisa kita buat, untuk mepertahankan Negara ini, benteng kebebasan yang terakhir dan terbesar.Pemerintah bukanlah solusi masalah kita, pemerintah adalah masalahnya. Kita adalah bangsa yang memiliki pemerintah, bukan sebaliknya, dan ini membuat kita special diantara bangsa-bangsa di dunia. Pemerintah kita tidak punya kekuasaan kecuali diberikan oleh rakyat. Dari waktu ke waktu kita terus tergoda untuk percaya bahwa masyarakat terlalu rumit untuk diatur oleh self-rule (pribadi mengurus dirinya sendiri), bahwa pemerintah dengan kelompok elit lebih baik dalam mengatur dibandingkan dengan pemerintah yang dari, oleh dan untuk rakyat. Jadi jika diantara kita sudah tidak bisa mengatur diri sendiri, maka siapa diantara kita yang punya kemampuan mengatur orang lain? Bukan maksud saya untuk menyingkirkan pemerintah, tetapi sebaliknya, untuk membuatnya bekerja dengan berhasil. Bekerja dengan kita, bukan diatas kita, Berdiri disamping kita, bukan memerintah dan mengemudikan dari belakang.Pemerintah bisa dan harus menyediakan kesempatan, dan bukan menghilangkannya. Mengembangkan dan memupuk produktifitas dan bukan menekannya. Ini waktunya untuk membangunkan kembali raksasa industry ini. Mengembalikan pemerintah ketujuan awalnya. Dan meringankan beban pajak yang bersifat hukuman, dan ini akan jadi prioritas utama kami dan dalam atas dasar prinsip ini, tidak akan ada kompromi. Anda sekalian, para warga Negara, di tanah yang diberkati ini, mimpimu, harapanmu dan tujuanmu, akan menjadi mimpi, harapan dan tujuan dari pemerintahan ini, maka semoga Tuhan menolongku.


Ini waktunya bagi kita untuk menyadari bahwa kita adalah bangsa yang terlalu besar, untuk membatasi diri kita dengan mimpi yang kecil. Kita tidak akan, sebagaimana beberapa orang percaya, akan musnah ke arah kemerosotan yang tak terhindarkan (Mungkin maksudnya ajaran Marxisme-Juan). Aku tidak mempercayai bahwa takdir akan mengikuti kita, apa pun yang kita lakukan. Aku percaya dengan takdir yang akan mengikuti kita, jika kita tidak berbuat apa-apa. Sehingga, dengan semua energy kreatifitas dan hasrat kita, mari kita mulai era pembaharuan nasional. Mari kita perbaharui ketahanan kita, keberanian kita, dan kekuatan kita. Dan mari kita perbaharui iman dan harapan kita. Kita punya semua hak, untuk memimpikan mimpi yang heroic. Bagi semua yang berkata bahwa kita hidup dimasa tanpa pahlawan-pahlawan, mereka tidak tahu kemana harus berpaling. Bisakah kita mengatasi masalah yang sedang kita hadapi? Jawabanya tak terbantahkan, Ya. Saya percaya kita orang Amerika saat ini, siap untuk bertindak selayaknya diri kita. Siap berbuat apa yang harus diperbuat untuk memastikan kebahagiaan dan kebebasan untuk diri kita, anak-anak kita dan cucu-cucu kita. Dan sebagaimana kita memperbaharui diri kita, ditanah kita ini, kita akan dilihat sebagai bangsa yang punya kekuatan yang lebih besar. Kita akan kembali menjadi contoh kebebasan dan benteng harapan bagi semua yang tidak punya kebebasan. Bagi semua musuh kebebasan, semua yang berpotensi menjadi musuh, mereka akan diingatkan bahwa kedamaian adalah aspirasi tertinggi bangsa Amerika. Kami akan bernegosiasi, berkorban dan kami tidak akan pernah menyerah untuk kedamaian, sekarang sampai selamanya. Dengan idealism dan fair-play yang adalah inti dari system kami, sebagaimana inti dari kekuatan kami, kita akan mencapai Amerika yang lebih sejahtera dengan kedamaian bagi Amerika dan seluruh dunia.


Jika kita mencari jawaban atas pertanyaan; kenapa selama bertahun-tahun lamanya, kita meraih sebegitu banyak, kesejahteraan yang melebihi bangsa manapun didunia. Jawabanya karena, disini, ditanah ini, kita membebaskan dan melepaskan energy dan kejeniusan individu yang dimiliki setiap manusia ketahap yang tertinggi yang tidak pernah dicapai sebelumnya. Kebebasan dan harkat tiap-tiap individu lebih mudah diraih dan lebih dijamin disini dibandingkan dengan tempat manapun didunia. Tetapi harga dari kebebasan ini terkadang sangat tinggi. Tetapi tidak pernah kita berkenan untuk berhenti membayar harga tersebut. Krisis yang kita hadapi hari ini, tidak membutuhkan dari diri kita, jenis pengorbanan sebagaimana pendiri bangsa ini dan ribuan prajurit lainya harus korbankan. Tetapi bagaimanapun, krisis ini membutuhkan usaha terbaik kita dan kemauan kita untuk percaya pada diri kita, dan percaya pada kapasitas kita, untuk melakukan perbuatan luar biasa. Untuk percaya bahwa bersama-sama, dengan pertolongan Tuhan, kita bisa dan akan, menyelesaikan masalah yang sekarang menghadang kita. Dan akhirnya, kenapa kita tidak percaya (bahwa kita bisa-penerjemah), (bukankah) Kita orang Amerika. Tuhan Memberkatimu dan Terima Kasih banyak.

No comments: