Friday, August 26, 2011

Kritik utk film “Drag Me To Hell”


oleh Juan Mahaganti pada 15 Juni 2009 jam 15:58

Maaf menulis dgn dialek manado, saya rasa my mother tounge will express my feeling better!


Kita dari dulu nda pernah bauni suka bauni film horor. Pertama, bukan karena kita panako, tetapi karena kita nimau mo jadi panako. Panako itu mahal, tako for barang nda war2. Kita skg boleh bilang kita p diri pemberani sih, kita nda apa2 tinggal dirumah sendiri, bahkan dirumah yg tman2 bilang berhantu kata, kita ja tinggal akang sendiri sampe dgn bulan. Dulu waktu tgl dng Steev, drg bilang kata tu rumah angker, mar biasa jo. Kita yakin bkn karena kita nda panako, ini karena kita nda pernah mau nonton film horor. Karena kalu kita so bauni film horor, inaaaah, somo jadi panako le kita, dan panako itu high cost. Pangge temang menginap, cari2 tman p rumah, nda war2.


Alasan ke dua; kita nda mangarti kita what’s the point mo bauni film horor kang? cuma for mo latih jantung. sama deng cuma pasang petasan dang, meletus, lalu bekin kage orang, bgitu saja!!! Beda deng kalu ng pasang kembang api, bersuara, berwarna2, bekin mata bling3!! enak dipandang (sama deng itu film berkualitas seharusnya), mar film horor?? sama deng pasang segitiga 24 stars! Nda ada nilai moral, nda menumbuhkan rasa penasaran, nda punya pelajarn, hikmat yg bisa diambil, nda seru, nda punya daya tarik sama skali selain bekin kage. Makanya jangan heran banya adegan di film horor, adalah adegan yang cma bekin2 kage pake musik, yg sebenarnya nda menakutkan sama skali, mar gara2 so tambah musik yg so diator dp audio supaya jadi mengelegar kage2. Mar?? Ih, kalu cuma mo cari kage, maing pak2 sambunyi jo, or pi Sanger, cari petas segitiga kong pasang dibawah ng p koi tenga malam supaya nga deng kluarga satu rumah kage smua. Memang ada sih film “horor” yang bagus. Tetapi kebanyakan karena punya sesuatu untuk di pelajari, or punya daya tarik selain mo kase kage n bekin tako. Seperti Stephen King pe novel2 kan katanya horor (tetapi kita lebe suka sebut thriler), tetapi disitu punya banyak hal2 menarik selain bekin kage. Ada irony, ada orang gila, ada monster2 antah berantah, dsb. Tetapi masalahnya keanyakan film horor itu cuma for mo bekin kage. Bahkan jauh dari mo bekin bulu kuduk berdiri.


Alasan ketiga, karena film horor sama sekali omong kosong. Memang semua film itu bohong2an, tetapi ada bohong2an yang bisa dinikmati dan ada bohong2an yang sama sekali nda punya alasan untuk dinikmati. Artinya begini, kalu trg bauni Star Wars or The Matrix, film2 yang memang sama sekali nda butul, tetapi paling tidak ada relefansinya dengan trg p hidop. Bkin torang sadar tentang sesuatu dlm hidup. Ada hubungan dalam hidup, sehingga torang pe pikiran bawah sadar bekin torang bisa duduk haga ni bohong2an (lamu) selama berjam2. Tetapi bagi kita, di kita p alam bawah sadar, memang so ta program bahwa setang yang ba dusu orang kong mo babunu orang itu sama leo deng eh, apa eh, eh, kapal ruang angkasa dan light saber secara teory kemungkinan, masih mungkin ditemukan wlaupun kecil kemungkinan tetapi tetap ada kemungkinan. Mar tu setang ba bunuh, sama apa kang depe leo, dah, pokoknya sampe so talalu leo, sampe kita sendiri so nintau mo bandingkan deng apa depe leo. Mar beda deng film laeng seperti humor dan action, yang kadang diselipkan dengan percintaan dan bumbu2 lainnya, film horor is all about this … eh sory… bolocks!! Jadi bagaimana bisa torang menikmati suatu karya seni yang torang so tau2 memang palsu dan bohong?


Nah, masalahnya beberapa hari lalu, kita di sarankan oleh seorang teman yang kita percaya kemampuan memilih filmnya, yang kita hargai integritasnya, yang kita akui keahliannya dalam menyaraknkan film, menyarankan kita utk menonton film horor terburuk dalam sejarah semua film horor (gara2 itu satu2nya film horor yg ktia pernah tonton, jadi terburuk dlm sejarah) ; “Drag Me To Hell”. Kita sampe paksa2 3 orang teman, kita yg mo traktir asal drg bauni mar nda ada yg mau. Akhrinya dapa pa jerome kong torng bauni, KITA YANG BAYAR, KITA YANG BAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARR~!!!!! I CAN’T BELIEVE IT!!!


Mar pe maso ke dalam, untung lah kita bauni deng jerome, tu film biar sadiki bisa jadi film lucu! Apalagi di adegan “panionmen pagal hite, sasionamen sundal hite”. Inah, kasiang jo tu film. Nda ada selera kita mo bauni. Dan itulah ciri dari semua film basae! Nda memberikan torang alasan untuk menonton lagi dan lagi! Eh kasaing, nintau apa dp guna bauni tu film. Terhibur nda, penasaran nda, no VALUE AT ALLLLLL!! Seharusnya deng depe sutradara ditarek ke neraka oleh si setan yang depe nama “Tamiya” itu. Ehhmmm, ngomong2 soal dp sutradara. Tahukah anda bahwa dia juga adalah sutradara andalan saya dulu ketika masih kecil. Kita nda pernah mo lupa depe nama. Kenapa? karena kalau anda penggemar Power Rangers, anda pasti tau bahwa Sam Raimi, Shuky Levy dan Haim Shaban adalah sutradara power rangers dulu. Tetapi sam raimi tampaknya lebih sukses karena Sapiderman. Mar kapa skg dia arahkan ni film boleh basae bagini???? Memang seharsnya sam raimi tetap di jalur super heroes.So nintau leh, yang jelas, HEROLD!!! NG SO DAPA BAE2 PA KITA KALI INI!!!!

No comments: