Sunday, October 21, 2012

Andai Aku Menjadi Ketua KPK


Koalisi terbesar KPK dalam memberantas korupsi saat ini adalah masyarakat sipil yang terpisah dari institusi Negara, yang bergerak secara masal, tanpa ada organisasi terpusat dan muncul secara spontan, membela KPK ketika mereka menghadapi masa sulit. Seandainya saya menjadi ketua KPK, tentu proses penegakan hukum akan terus dijalankan dan dipermantap, tetapi yang utama adalah bagaimana memperbesar koalisi KPK dengan masyarakat. Dan sebagai ketua KPK saya akan berusaha menumbuhkan kesadaran masyarakat akan isu korupsi dan bahayanya, sehingga koalisi ini, menjadi semakin besar, kuat, dan menjadi lebih mumpuni dalam menggerakan opini publik, serta mengontrol tindakan para pembuat keputusan. Penggerak utama massa adalah media budaya, dan ini bisa apa saja. Bisa media massa, music, gaya busana, bahkan Meme, dan semuanya ini harus bisa digunakan untuk membangun budaya baru Indonesia: Budaya Anti Korupsi. 

Jika saya ketua KPK, saya akan undang penulis teenlit, novel, dan sineas kita untuk mau menggarap sebuah karya tentang kisah heroisme penyidik KPK.  Ketika serial “The X-Files” meledak AS, souvenir FBI berupa T-shirt, topi, dan jacket, laris manis, dan menjadi trend dan banyak anak muda ingin menjadi penyidik FBI. Bayangkan jika kita punya lebih banyak souvenir seperti ini, yang berisi pesan-pesan anti korupsi yang bisa saja berubah menjadi meme, apa ngga ketar-ketir koruptor se Indonesia jika dia mungkin melihat bahkan anaknya sendiri pake kaos bertuliskan “Penyidik KPK”.

1 comment:

Beck Inspiration said...

Salam kenal.
Saran yang mantap buat KPK, saya juga ikut dalam kontes ini, semoga harapan dari para peserta kontes, bisa menjadi sumbangsih bermanfaat buat KPK..!!
Salam.